30 C
Indonesia
Tuesday, September 29, 2020

Nissan Tutup Pabrik di Indonesia, Produksi Pindah ke Thailand

TOTAL POSITIF

282.724

ORANG

Positif

TOTAL SEMBUH

210.437

ORANG

Positif

MENINGGAL

10.601

ORANG

Positif

Sumber Data: Kementerian Kesehatan & JHU. Baca informasi lebih lengkap. Melalui API Kawal Corona

Berimode – Jakarta, Nissan Motor Indonesia (NMI) akhirnya menutup pabrik di Indonesia dan mengalihkan produksi ke Thailand, hal ini diumumkan langsung oleh Chief Executive Officer (CEO) Nissan Makoto Uchida secara tertulis, Jumat (29/5). Makoto mengatakan sebagai gantinya mereka akan berkonsentrasi pada pabrik di Thailand sebagai basis produksi tunggal di Asean.

Uchida mengatakan penutupan pabrik ini adalah bagian dari upaya penghematan biaya dan membentuk kembali operasional serta meningkatkan profitabilitas. Uchida menekankan bahwa potensi Nissan masih solid.

Upaya meningkatkan profitabilitas ini juga termasuk mengurangi jumlah model mobil yang dijual dan berfokus pada area geografis tertentu, seperti Jepang, China dan AS.

“Kami akan mengakui kesalahan kami di masa lalu dan mengarahkan ke masa depan dengan cara yang benar, tanpa ragu-ragu,” kata Uchida.

Namun meskipun Nissan telah menutup pabriknya di Indonesia, , Nissan tetap berjualan mobil di Indonesia sebagai salah satu market penjualan Nissan yang terus  di produksi kedepannya.

“Penutupan fasilitas manufaktur di Indonesia dan berkonsentrasi pada pabrik Thailand sebagai basis produksi tunggal di ASEAN,” kata Uchida mengutip keterangan tertulisnya dalam situs resmi Nissan, Jumat (29/5).
Rencana Nissan Motor Indonesia (NMI) mempertahankan pabrik di Indonesia dengan mengubah skema produksi menjadi perakitan mobil listrik dan mesin Xpander-Livina di Tanah Air akhirnya ‘bubar’ seiring keputusan prinsipal tersebut.

Rencana Nissan memproduksi mobil listrik dan mesin 1.500 cc Xpander-Livina di Indonesia sebelumnya diungkap pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Rencana ini diungkapkan pasca Nissan memutuskan berhenti memproduksi Datsun.

Untuk diketahui,Di Indonesia Nissan punya dua pabrik yang berlokasi di daerah Jawa Barat. Satu pabrik digunakan untuk memproduksi mobil Nissan, satunya lagi yang dibangun pada 2014 lalu.

Selain Indonesia, pabrik yang akan ditutup Nissan yaitu di Barcelona, Spanyol, Pabrik di Eropa akan dipusatkan di pabrik Inggris di Sunderland. (Kc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

New Normal, Ini Syarat Kalau Mau Traveling Keluar Kota

Persyaratan standar yang harus dipenuhi oleh setiap orang adalah menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, yaitu memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan.

PLN Batam Berikan Keringanan Pembayaran Tagihan, Bisa Dicicil Selama 9 Bulan

Berimode - Batam, PLN Batam memutuskan memberikan keringanan kepada pelanggan yang mengalami kesulitan dalam membayar tagihan rekening listrik bulan  juni 2020, Keputusan penyelesaiannya diambil...

Batam Bintan Blackout, Ini Kata PLN

BeriMode - Sekitar pukul 19.30 tadi malam (4 Juni 2020), terjadi listrik padam di Batam dan Bintan. Setelah dilakukan survey di salah satu group...

HOTMinggu ini
Artikel Paling Populer