25 C
Indonesia
Monday, August 10, 2020

New Normal, Ini Syarat Kalau Mau Traveling Keluar Kota

TOTAL POSITIF

127.083

ORANG

Positif

TOTAL SEMBUH

82.236

ORANG

Positif

MENINGGAL

5.765

ORANG

Positif

Sumber Data: Kementerian Kesehatan & JHU. Baca informasi lebih lengkap. Melalui API Kawal Corona

BeriMode – Menjelang new normal yang rencananya akan diterapkan pada tanggal 15 Juni mendatang, protokol kesehatan telah disiapkan demi untuk beradaptasi dengan Covid-19. Dengan dibukanya sebagian sektor kehidupan masyarakat, maka akan terjadi peningkatan aktifitas perjalanan dalam masa adaptasi baru ini.

Sesuai dengan surat edaran dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 no 7 tahun 2020, yang termasuk didalam aktifitas perjalanan adalah pergerakan seseorang dari satu daerah ke daerah lainnya berdasarkan batas wilayah administrasi provinsi/ kabupaten/kota termasuk kedatangan dari luar negeri.

Lalu, apa saja syaratnya?

Persyaratan standar yang harus dipenuhi oleh setiap orang adalah menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, yaitu memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan.

Untuk persyaratan khusus perjalanan dalam negeri adalah sebagai berikut.

  1. Menunjukkan identitas diri, seperti KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah.
  2. Menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil tes negatif yang berlaku selama 7 hari, atau, surat keterangan uji Rapid Test.
  3. Menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influensa, yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit atau puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas test PCR dan/atau Rapid Test.

Sedangkan untuk perjalanan orang kedatangan dari luar negeri, syaratnya adalah sebagai berikut.

  1. Setiap orang yang datang dari luar negeri harus melakukan PCR test pada saat tiba di Indonesia, apabila belum melaksanakan atau tidak dapat menunjukkan surat hasil PCR test dari negara keberangkatan.
  2. Apabila kedatangan dari luar negeri melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang tidak memiliki peralatan PCR, dengan melakukan Rapid Test dan menunjukkan surat keterangan bebas influensa.
  3. Selama menunggu hasil pemeriksaan PCR Test, setiap orang wajib untuk menjalani karantina khusus yang telah disediakan oleh pemerintah, atau memanfaatkan akomodasi karantina (hotel atau penginapan) yang telah mendapatkan sertifikasi penyelenggaraan akomodasi karantina COVID-19 dari Kementrian Kesehatan.

Selain itu, setiap orang juga diwajibkan untuk mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi yang dapat didownload melalui App Store (untuk iPhone) atau Google Play (untuk Android).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

New Normal, Ini Syarat Kalau Mau Traveling Keluar Kota

Persyaratan standar yang harus dipenuhi oleh setiap orang adalah menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, yaitu memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan.

PLN Batam Berikan Keringanan Pembayaran Tagihan, Bisa Dicicil Selama 9 Bulan

Berimode - Batam, PLN Batam memutuskan memberikan keringanan kepada pelanggan yang mengalami kesulitan dalam membayar tagihan rekening listrik bulanĀ  juni 2020, Keputusan penyelesaiannya diambil...

Batam Bintan Blackout, Ini Kata PLN

BeriMode - Sekitar pukul 19.30 tadi malam (4 Juni 2020), terjadi listrik padam di Batam dan Bintan. Setelah dilakukan survey di salah satu group...

HOTMinggu ini
Artikel Paling Populer