26 C
Indonesia
Tuesday, September 29, 2020

Menteri Agama: Jemaah Haji Tahun 2021 Jadi Diberangkatkan

TOTAL POSITIF

282.724

ORANG

Positif

TOTAL SEMBUH

210.437

ORANG

Positif

MENINGGAL

10.601

ORANG

Positif

Sumber Data: Kementerian Kesehatan & JHU. Baca informasi lebih lengkap. Melalui API Kawal Corona

BeriMode – Efek Pandemi virus Corona yang melanda pada tahun 2020 di Indonesia dan juga di Arab Saudi telah mengakibatkan kegagalan keberangkatan dari Jemaah Haji. Fachrul Razi Menteri Agama sudah menginformasikan untuk pelaksanaan ibadah haji tahun 2020 dari Indonesia ditiadakan.

Bagi yang sudah melunasi biaya perjalanan haji dan sudah jemaah haji tahun 2020 yang sudah gagal berangkat, bagaimana nasib nya?

Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan bahwa jemaah haji reguler dan khusus yang telah melunasi biaya nya, akan menjadi jemaah haji pada tahun 2020.

“Seiring keluarnya pembatalan jemaah haji reguler dan khusus yang telah melunasi BPIH tahun ini akan menjadi jemaah haji 2021 masehi mendatang,” jelas Fachrul dalam konferensi pers virtual, Selasa (2/6).

BPIH (Badan Pengelola Ibadah Haji) mengatur pembayaran yang telah dibayarkan dan pasti disimpan terpisah.

“Setoran BPIH yang dibayarkan akan disimpan dan dikelola terpisah oleh badan pengelola haji. Nilai manfaat BPIH kepada jemaah haji paling lambat 30 hari pemberangkatan awal 2021 masehi,” jelasnya.

“Pemanfaatan diberikan perorangan karena pelunasan BPIH tak sama, paling rendah 6 juta seperti jemaah di Aceh dengan uang muka Rp 25 juta, paling tinggi Rp 16 juta dari Makassar. Rp 6-16 juta, variasinya cukup banyak,” jelas Fachrul.

Kuota haji yang didapatkan pada tahun 2020 untuk Indonesia adalah 221.000 orang, yang terdiri dari 17.680 kuota haji khusus dan 203.320 kuota haji 2020 reguler.

Dengan peniadaan ini, artinya ratusan ribu calon jemaah itu gagal berangkat haji pada tahun 2020. Kemenag telah berkomunikasi dengan MUI dan Komisi VIII DPR terkait pembatalan pemberangkatan ibadah haji tahun 2020.

Kementerian Agama telah berkomunikasi dengan Komisi VIII DPR tentang pembatalan pemberangkatan ibadah haji tahun 2020. Dan ratusan ribu calon jemaah ibadah haji gagal berangkat haji tahun 2020.

SumberKumparan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

New Normal, Ini Syarat Kalau Mau Traveling Keluar Kota

Persyaratan standar yang harus dipenuhi oleh setiap orang adalah menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, yaitu memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan.

PLN Batam Berikan Keringanan Pembayaran Tagihan, Bisa Dicicil Selama 9 Bulan

Berimode - Batam, PLN Batam memutuskan memberikan keringanan kepada pelanggan yang mengalami kesulitan dalam membayar tagihan rekening listrik bulanĀ  juni 2020, Keputusan penyelesaiannya diambil...

Batam Bintan Blackout, Ini Kata PLN

BeriMode - Sekitar pukul 19.30 tadi malam (4 Juni 2020), terjadi listrik padam di Batam dan Bintan. Setelah dilakukan survey di salah satu group...

HOTMinggu ini
Artikel Paling Populer